• iconKedung, Jepara
  • iconmts@darul-hikmah.sch.id

Jam Operasional : Senin s/d Sabtu 07:00 - 14:00

icon

Butuh bantuan? hubungi kami

(0291) 7519073

SELAYANG PANDANG MTs. DARUL HIKMAH

Blog Details

SELAYANG PANDANG MTs. DARUL HIKMAH

MTs Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara adalah suatu lembaga pendidikan formal yang berada di bawah naungan “ Yayasan Pendidikan Islam Darul Hikmah” yang berdiri pada tanggal 10 Januari 1961 dengan ketua yayasan bernama R. K. H. Mahfudz Shidiq.

Sejak berdirinya sampai sekarang MTs Darul Hikmah ini telah mengalami perubahan status, di antaranya : pada tahun 1987 mendapat piagam terdaftar dari Departemen Agama Republik Indonesia, sehingga kepala madrasah di berikan hak menurut hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dan di perbolehkan untuk mengikuti ujian persamaan Madrasah Negeri dengan nomor piagam status WK/5C/16/Pgm/Ts/1987.

Kemudian setelah MTs Darul Hikmah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan status terdaftar dan mengalami beberapa kemajuan, maka pada tanggal 30 Juni 1993 MTs Darul Hikmah mendapatkan piagam jenjang akreditasi “diakui” dari kantor wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah dengan nomor piagam status :  WK/5.C/PP. 005/1390/1993.

MTs Darul Hikmah ini telah memenuhi persyaratan dikdaktis dan mampu membawa anak menuju pada interaksi belajar mengajar yang efektif, sehingga pada tanggal 4 Maret 1999 mendapat piagam jenjang akreditasi “disamakan” dengan nomor piagam status : WK/5.C/PP.005/733/1999.

Secara geografis, MTs Darul Hikmah berada di tengah Desa Menganti kedung Jepara yaitu terletak di tepi jalan Bugel Jepara Km – 1 menganti Kedung Jepara.

MTs Darul Hikmah berada satu komplek dengan MA Darul Hikmah, karena keduanya di bawah naungan yayasan pendidikan Islam Darul Hikmah. Kedua sekolah tersebut hanya dipisahkan oleh Masjid Jami’ Darul Hikam Menganti Kedung Jepara.

MTs Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara terletak di daerah yang strategis yaitu :

- Sebelah Timur : Jl. Bugel Jepara Km. 1 Menganti Kedung Jepara

- Sebelah Barat : berbatasan dengan kebun milik warga

- Sebelah Utara : berbatasan dengan pemukiman warga

- Sebelah Selatan : berbatasan dengan masjid Darul Hakim Menganti Kedung Jepara.